Sabtu, 20 Agustus 2016

Pentingnya Tarbiyah Sejak Remaja


   Dalam bahasa Indonesia kita mngenal yang namanya belajar, sedangkan di dalam bahasa Arab kita mengenal dengan nama “Tarbiyah”. Pertanyaannya apakah pengertian Tarbiyah itu?, Dan apakah jika kita Tarbiyah kita dapat  belajar lebih banyak seperti biasanya?, Serta apakah Tarbiyah itu perlu dilakukan sejak usia remaja?
   Tarbiyah berarti belajar tetapi belajar akan hal-hal yang baik dan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sudah sejak zaman nabiyullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang tarbiyah akan hal-hal yang baik karena Allah subhanahu wa ta’ala berfirman “Yarfa’ullahu lladzina aamanu minkum, walladzina utul ilma darajat” yang artinya “Allah mengangkat dan meninggikan orang yang beriman dan yang berilmu beberapa derajat/tingkat”. 
   Dari firman Allah tadi kita dapat menyimpulkan bahwa orang yang menuntut ilmu atau belajar apalagi belajar tentang agama Allah, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan meninggikan derajat bagi mereka. Sudah sepantasnya para orangtua membimbing anakanya untuk belajar atau ikut dalam tarbiyah sejak usia remaja agar mereka dapat menjadi teladan dan panutan di masa yang akan datang, karena dengan tarbiyah seseorang bisa belajar bagaimana menjadi seorang yang berakhlak dan berperilaku yang baik, serta mengikuti sunnah-sunnah rasul dan menjauhi larangan dari Allah swt.
    Anas radhiyallahu anhu berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : tuntutlah ilmu walalu di negeri cina, sebab menuntut ilmu agama itu wajib atas tiap orang muslim. Sesungguhnya malaikat menghamparkan sayapnya pada orang yang menuntut ilmu karena ridha (suka/senang) dengan apa yang dituntut (dicari). 
   Tarbiyah tentunya sangatlah penting dilakukan sejak usia remaja karena akan membentuk pribadi yang berakhlakhul kharimah atau yang berakhlak baik sampai ia kelak menjadi pemuda yang teladan atau panutan di sekitarnya, serta kelak menjadi pemuda(i) yang dirindukan oleh surga Allah subhanahu wa ta’ala.


Karya dari :
Moch. Tirta Analta
kelas XI IPA 2
perwakilan dari SMA Negeri 10 Makassar
dalam Lomba Artikel Islamic Solidarity Cup 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar