Senin, 22 Agustus 2016

Antara Ukhuwah Dan Pacaran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ukhwah dalam pandangan islam adalah hubungan antara 2 makhluk Allah yang saling berlandaskan hukum-hukum islam. Ukhuwah terbagi menjadi 3, yaitu
  • Kekuatan iman dan akidah 
  • Kekuatan ikatan hati
  • Kekuatan kepemimpinan dan senjata
Dengan 3 kekuatan ini Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membangun bangsa yang ideal, mengibarkan bendera tauhid dan mengeksiskan islam kurang dari setengah abad. Ukhuwah dalam islam bagaikan lebah dan bunga yang sama-sama saling membutuhkan. Perlu diketahui sobat sekalian, bahwa menjalin ukhwah hanya untuk sesama muslim, bukan antara muslim dengan non muslim. Sesuai dengan firman Allah azza wa jalla :

 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ
“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara.” (QS. Al Hujurat: 10)

Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas bahwa  kaum mukminin bersaudara. Kemudian beliau menyebutkan beberapa hadits yang mendukung bahwa persaudaraan hanya berlaku bagi sesama kaum mukminin yang diikat dengan iman dan Islam. Di antara haidts-hadits tersebut:

اَلْمُسْلِمُ أَخُو المُسْلِمِ لا يَظْلِمُهُ وَلا يُسْلِمُهُ
“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain, ia tidak akan mendzaliminya dan tidak menyerahkannya (kepada musuh).”

Arti pacaran

Sering kali  kita salah menafsirkan arti ukhuwah itu. Sebab banyak orang di luar sana yang beranggapan bahwa pacaran itu meningkatkan/ memperkokoh ukhuwah. Ada pula yang beranggapan bahwa pacaran boleh saja, asalkan pacaran secara islamiyah dimana tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aqidah islam. Namun, dalam pandangan islam hal tersebut tidak dibenarkan karena dalam dalam Al Qur’an telah ditetapkan “ janganlah engkau mendekati zina” . dan hubungan zina dengan pacaran ialah, pasti kita sudah tahu bahwa unsur-unsur perzinahan keseluruhannya sudah dimiliki yang namanya “PACARAN”

Lebih Selengkapnya >>

Karya dari :
Muhammad Fatur Aditama
kelas XI IPA 4
perwakilan dari SMA Kartika XX-1 Makassar
dalam Lomba Artikel Islamic Solidarity Cup 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar