Selasa, 23 Agustus 2016

Membangun Karakter Islami Melalui Tarbiyah Club

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


   Alhamdulillahi Rabbi A’lamin, semoga kita senantiasa diberikan kebaikan dan berkah sertah nikmat khusunya nikmat iman dari Allah subhanahu wa ta’ala. Pada artikel kali ini, kita akan membahas dan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai tarbiyah club. Mungkin ada beberapa dari ikhwah sekalian yang belum mengetahui apa sih tarbiyah itu. Nah, disini akan dibahas mengenai Tarbiyah itu sendiri lebih dalam dan juga manfaat-manfaatnya. So, check it out. Tafaddal.

   Tarbiyah memiliki pengertian pendidikan diri seseorang baik menumbukhan maupun mengembangkan potensi yang ia punya. Di dalam Al-Qur’an banyak sekali dijumpai kata Ar-Rabb yang menurut Ibnu Manzhur, diturunkan dari akar yang sama dengan kata tarbiyah. Senada dengan itu, Imam Baidhawi menjelaskan bahwa pada dasarnya kata Rabb itu bermakna tarbiyah yang artinya memproses sesuatu hingga tercapai kesempurnaan secara bertahap. Dari makna itu, Abdurrahman Al-Bani mengambil empat pokok penting dalam pelaksaan tarbiyah. Pertama, menjaga dan memelihara fitrah obyek didik. Kedua, mengembangkan bakat dan potensi obyek didik sesuai kekhasan masing-masing. Ketiga, mengarahkan potensi dan bakat tersebut agar mencapai kebaikan dan kesempurnaan. Keempat, seluruh proses tersebut dilaksanakan secara bertahap. 

   Terdapat dua komponen dalam proses tarbiyah yaitu murabbiyah dan mutarabbiyah. Murabbiya atau yang sering dikenal mentor merupakan orang yang memberikan pendidikan pembinaan kepada mutarabbiyah. Sedangkan mutarabbiyah merupakan peserta binaan. Tujuan tarbiyah sebagaimana dituliskan Dr. Ali Abdul Halim Mahmud, adalah “menciptakan keadaan yang kondusif bagi manusia untuk hidup di dunia secara lurus dan baik, serta hidup di akhirat dengan naungan ridha dan pahala Allah subhanahu wa ta’ala. Singkat cerita, dalam proses tarbiyah, sorang individu akan lebih merasa nyaman ketika berada dalam Tarbiyah club. Sehingga dapat menjadikan seseorang terpacu untuk lebih mengembangkan potensi yang ia miliki.Terus, apa hubungannya Tarbiyah dengan pembentukan karakter yang lebih islami ?”


Karya dari :
Muhammad Rifki Nisardi 
perwakilan dari SMA Negeri 17 Makassar
dalam Lomba Artikel Islamic Solidarity Cup 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar