Selasa, 23 Agustus 2016

Perbedaan Ukhuwah Dan Pacaran



Ukhuwah dan pacaran masih menjadi perdebatan. Ada yang menganggap bahwa ukhuwah dapat menimbulkan perzinaan, ada yang menganggap bahwa ukhuwah tidak ada kaitannya dengan pacaran dan ada yang beranggapan bahwa ukhuwah dan pacaran itu sangat berbeda. Jadi, semua tergantung cara pandang dan keyakinan masing-masing individu. Sebelum berukhuwah atau berpacaran, alangkah indahnya kita mengetahui apakah ukhuwah dan pacaran itu. Maka dari itu artikel ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Sebuah ungkapan yang sangat terkenal yaitu “Tak kenal maka Tak sayang” bisa jadi salah satu ungkapan yang memberi sugesti kepada generasi muda saat ini. Generasi muda yang ingin menjalin hubungan menganggap bahwa ungkapan tersebut merupakan awal terjalinnya hubungan saling mencintai. Generasi muda yang sudah berhubungan erat dan saling mencintai dan menyayangi biasanya mengikat hubungan mereka dengan hubungan yang dikenal dengan istilah pacaran.

Apakah Pacaran itu ?, Pacaran berasal dari kata dasar “pacar” yang berarti “teman lawan jenis yang tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih”. Dan didalam Bahasa Arab, pacaran disebut “Tahabbub” yang berarti bercintaan dan berkasih-kasihan yang dilakukan oleh pasangan yang bukan mahramnya. Pacaran dalam bahasa arab sangat jelas mengatakan bahwa pacaran dilakukan oleh pasangan yang bukan mahramnya, Jadi pacaran bisa saja haram jika kita meyakini arti pacaran dalam bahasa arab tersebut.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.Dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al Isro’ [17]: 32).


Karya dari :
Teguh Utomo Putra
perwakilan dari SMA Negeri 10 Makassar
dalam Lomba Artikel Islamic Solidarity Cup 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar